Search This Blog

Friday, 8 January 2016

Membuat Bawang Goreng Renyah dan Tahan Lama

Membuat Bawang Goreng Renyah dan Tahan Lama, Membuat bawang goreng semua orang mudah untuk bisa, tapi tips agar bawang goreng bisa awet renyahnya dan tidak banyak menyerap banyak minyak tidak banyak orang yang tahu.
bawang gorengTips Membuat Bawang Goreng Instan yang Awet Renyahnya adalah:
1. Rendam irisan bawang merah dalam air garam, banyaknya garam bisa diatur, pengen asin atau sedang. Biasanya sih cukup 1 sdm garam saja.
2. Ada bawang yang memang khusus diperuntukkan untuk membuat bawang goreng menjadi renyah, biasanya dinamakan varietas BAWANG SUMENEP.
3. Bisa juga direndam dengan air kapur sirih kalau ingin hasil yang tawar.
4. Goreng dalam minyak yang panas tetapi api jangan terlalu besar. Usahakan selalu diaduk rata agar tidak ada bagian yang digoreng beda hasilnya (biasanya yang paling pinggir yang cepet gosong)
5. Angkat dari minyak setelah bawang benar-benar layu dan sedikit kering tapi jangan sampai terlihat coklat, karena bawang goreng akan berubah menjadi gosong kalau meniriskannya dari penggorengan telat.
6. Setelah ditiriskan minyaknya, hamparkan dalam tampi/tampah yang beralaskan tissue/ kertas untuk menyerap minyak yang masih tersisa
7. Setelah dingin, simpan dalam wadah yang tertutup rapat
Resep :
1 kg bawang merah sumenep/brebes/jenis lain, iris tipis
1 sdm garam halus
1 ltr air untuk merendam
Caranya:
1. Rendam irisan bawang dalam larutan air garam selama 1/4-1/2 jam, tiriskan
2. Goreng dalam api sedang dengan sesekali diaduk untuk mendapatkan kematangan yang merata
3. Angkat bisa warna sudah mulai kecoklat2an (cenderung masih putih), tiriskan. hamparkan dengan rata diatas tampah yang telah dialasi dnegan tissue/kertas untuk menghilangkan minyak yang tersisa

No comments:

Post a Comment